Header Ads Widget

5 Cara Pintar Menentukan Target Pasar Yang Tepat Sesuai Bisnis Anda

Dalam melakukan sebuah bisnis tentunya kita berharap akan selalu mendapatkan keuntungan bisnis dengan menaikkan angka penjualan. Salah satu cara untuk menaikkan angka penjualan dalam bisnis kita adalah dengan memperoleh sebanyak mungkin pembeli yang membeli produk kita atau menggunakan jasa kita. Untuk mewujudkan hal seperti ini, pada umumnya langkah yang biasa dilakukan oleh pelaku bisnis adalah melakukan strategi pemasaran. Namun sayangnya, terkadang pemasaran yang dilakukan tak selalu bisa memberikan hasil yang maksimal. Hal itu bisa terjadi disebabkan karena kita salah dalam menentukan target pasar. Kalau kita kurang tepat dalam menentukan target pasar dengan membidik konsumen yang sesuai membuat pemasaran yang kita lakukan menjadi sia-sia. Untuk itu anda perlu memahami apa itu target pasar dan cara pintar menentukan target pasar untuk bisnis anda.

Ilustrasi Belanja | @Shutterstock

Pengertian Target Pasar 

Target pasar menurut para ahli adalah tujuan utama konsumen yang ingin dituju untuk pemasaran produk bisnis. Target market ini biasanya ditentukan berdasarkan spesifikasi dari produk tersebut, agar pemasarannya tepat sasaran. Jika pemasarannya tepat, maka tingkat penjualan bisnis akan ikut meningkat. Dengan demikian kesuksesan bisnis pun akan dapat diraih. Inilah pentingnya agar setiap bisnis perlu mengetahui target pasar yang dituju sebelum menentukan harga, desain, dan detail lain dari produk yang akan dipasarkan.

Tips Menentukan Target Market

Menentukan target market dalam melakukan pemasaran produk haruslah dilakukan dengan cara yang benar. Jika salah dalam menentukan target market, hal ini dapat mempengaruhi tingkat kesuksesan penjualan produk bisnis anda. Berikut terdapat beberapa tips untuk menentukan target market dengan tepat:

1. Mengenali Target Pasar

Sebelumnya, Anda harus mengetahui terlebih dahulu identitas yang akan menjadi target market produk Anda. Misalnya berapa usia target rata-rata pembelinya, jenis kelamin, status ekonomi yang nantinya akan berpengaruh pada daya belinya, dan juga latar belakang sosial budaya serta lokasi geografis guna mengetahui karakteristik masyarakat terdekat secara rinci dan menyesuaikan produk yang sesuai untuk dipasarkan pada mereka.. Hal ini berkaitan dengan produk barang dan jasa seperti apa yang akan Anda jual. Contoh target pasar adalah Semisalnya jika Anda menjual produk perlengkapan bayi, tentu saja akan kurang efektif jika melakukan pemasaran dengan target pasar di kalangan para remaja. Begitu pula jika Anda menjual produk kosmetik  berwarna-warni dengan kemasan yang lucu, tentunya Anda tidak akan mungkin melakukan pemasarannya dengan target market di kalangan ibu-ibu, bukan?


2. Memahami Kebutuhan Konsumen Saat Ini (Sedang Tren)

Sebagai pelaku bisnis, Anda sebaiknya juga perlu mengetahui apa yang menjadi kebutuhan konsumen yang paling utama saat ini. Setelah itu, pahami dengan baik produk apa yang sedang sangat dibutuhkan oleh mereka saat ini. Cari tahu apa yang sedang hits saat ini di kalangan para pelanggan. Hal ini bisa anda lakukan dengan cara ikut bergabung ke dalam forum-forum yang ada di media sosial atau situs-situs tertentu. Dari sini anda bisa tahu produk barang dan jasa seperti apa yang sedang dibutuhkan oleh pelanggan saat ini namun belum dapat terpenuhi oleh produsen atau penjual lain yang merupakan kompetitor dari bisnis Anda. Melalui cara ini Anda bisa mengetahui kelemahan dari kompetitor dan menentukan jenis produk yang dikemas lengkap dengan berbagai kelebihan yang mampu menjawab kebutuhan konsumen saat ini. Pada saat melakukan pemasaran ke target market Anda sudah sangat yakin dengan kelebihan Anda dan siap “membidik” para konsumen-konsumen tersebut. Kemudian, Anda dapat menciptakan produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar. Dengan begitu, produk yang Anda jual akan banyak diminati oleh pasar dan angka penjualan bisnis anda pun akan mengalami peningkatan.

3. Pahami Perilaku Target Market

Anda pasti sudah mengetahui apa itu strategi pemasaran dan mungkin sudah menerapkannya langsung untuk bisnis anda. Strategi pemasaran bisa bermacam-macam jenisnya, akan tetapi pastikan bahwa Anda menentukan strategi pemasaran yang sesuai dengan segmentasi yang sudah dibahas di atas. Cara untuk bisa mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang tepat dalam bisnis anda adalah dengan memahami dengan baik perilaku calon konsumen yang akan menjadi target market Anda

Memahami perilaku konsumen menjadi sangat penting. Perilaku dari konsumen dapat meliputi bagaimana cara dia berbelanja, kecenderungan dari barang-barang apa saja yang dibelinya, serta apa passion mereka ketika berbelanja. Tipe dari konsumen juga perlu Anda mengetahuinya, apakah mereka merupakan tipe konsumen yang lebih suka membeli secara online atau offline dengan datang langsung ke toko. Dengan mengetahui perilaku konsumen seperti itu, Membuat anda tak hanya bisa menentukan target pasar dari bisnis anda akan tetapi anda juga mampu melakukan upaya peningkatan untuk memberikan layanan yang maksimal kepada pelanggan anda.


4. Menentukan Produk dan Jasa yang Akan Dijual Dari Contoh Target Market

Setelah mengetahui kekurangan-kekurangan kompetitor Anda yang tadi sudah analisis, kini saatnya untuk Anda agar muncul ke permukaan dengan menawarkan produk baru yang sudah siap menjawab kebutuhan pasar.  Produk yang anda tawarkan harus jelas spesifikasinya dan diperuntukkan untuk siapa saja pasarnya. Hal ini akan dapat membantu Anda agar lebih fokus dalam membidik konsumen produk bisnis anda.  


5. Mengkaji Ulang Keputusan

Selanjutnya setelah semuanya telah selesai dan sebelum anda memulai eksekusi kegiatan pemasaran untuk produk anda, alangkah baiknya Anda mengkaji ulang dengan seksama kembali tentang keputusan yang akan anda buat. Tanyakan pada diri Anda apakah barang yang akan Anda jual benar-benar akan memberikan manfaat untuk konsumen atau tidak, apakah harga produk yang Anda tawarkan sudah sesuai dengan kemampuan target pasar, dan sudah benar-benar tepatkah target pasar yang sudah Anda tentukan tersebut?

Menentukan sebuah produk dan jasa dalam bisnis yang akan Anda jual harus mampu menjawab segala kebutuhan konsumen dan memiliki nilai yang lebih dari kompetitor Anda. hal ini akan sangat membantu Anda dalam melakukan strategi pemasaran dengan lebih terfokus. Pemasaran yang dilakukan secara random dengan barang dan jasa yang kurang terspesifikasi akan berdampak memberikan hasil yang kurang maksimal.

Demikian bagaimana 5 cara pintar menentukan target pasar dalam pemasaran produk bisnis anda yang sudah kami bagikan disini, semoga dapat bermanfaat dalam anda mengembangkan bisnis anda. Sampai jumpa di tips seputar bisnis lainnya, jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke sosial media anda bila mana artikel ini berguna untuk orang banyak.

Post a Comment

0 Comments